Inspektorat Kabupaten Lebak

Teknik Penilaian Aset Tanah

 TEKNIK PENILAIAN ASET TANAH

Oleh : Hendri Suryono,S.AP (Auditor Pertama)

 

Aset daerah adalah semua harta kekayaan milik daerah baik barang berwujud maupun barang tak berwujud (Kepmendagri No. 29 Tahun 2002 Bab I pasal 1). Barang Daerah adalah semua barang berwujud milik daerah yang berasal dari pembelian dengan dana yang bersumber seluruhnya atau sebagian dari APBD dan atau berasal dari perolehan lainnya yang sah (Kepmendagri No. 29 Tahun 2002 Bab I pasal 1). Barang berwujud atau disebut dengan aktiva tetap adalah barang yang mempunyai masa manfaat lebih dari satu periode akuntansi dan digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan pemerintah dan pelayanan publik. Aktiva tetap antara lain terdiri dari tanah, jalan dan jembatan, bangunan air, instalasi dan jaringan, gedung, mesin dan peralatan, kendaraan, meubelair dan perlengkapan serta bukubuku perpustakaan.

Pentingnya pengelolaan aset terutama tanah merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan dan keberadaan manusia. Salah satu bentuk pengelolaan aset adalah konsep real property, yaitu suatu hak perorangan atau badan hukum untuk memiliki dalam arti menguasai tanah dengan suatu hak atas tanah, misalnya hak milik atau hak guna bangunan berikut bangunan (permanen) yang didirikan diatasnya atau tanpa bangunan. Pengertian penguasaan di atas perlu dibedakan antara penguasaannya secara fisik atas tanah dan/atau bangunan yang disebut real estate. Sedangkan real property merupakan kepemilikan sebagai konsep hukum (penguasaan secara yuridis) yang dilandasi dengan sesuatu hak atas tanah (Siregar, 2004)

Pengelolaan (manajemen) aset daerah merupakan salah satu faktor penentu kinerja usaha yang sehat, sehingga dibutuhkan adanya analisis optimalisasi dalam penilaian aset daerah, yaitu: inventarisasi, identifikasi, legal audit, dan penilaian yang dilaksanakan dengan baik dan akurat. Sekarang ini, Sistem Informasi Manajemen Aset (SIMA) merupakan suatu sarana yang efektif untuk meningkatkan kinerja sehingga transparansi kerja dalam pengelolaan aset sangat terjamin tanpa perlu adanya kekhawatiran akan pengawasan dan pengendalian yang lemah (Siregar, 2004).

Standar Penilaian yang digunakan adalah Standar Penilaian yang digunakan adalah Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Standar Penilaian Indonesia (SPI), Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

Penilaian Aset untuk Neraca Pemerintah Daerah sebagai berikut:

TUJUAN

KONDISI

METODE
PENILAIAN

STANDAR
PENILAIAN

Neraca Awal

Biaya
perolehan diketahui

Nilai
Perolehan
dikurangi penyusutan

SAP

Biaya
perolehan tidak diketahui

Nilai Wajar

SPI

Neraca Lanjutan

Peningkatan
mutu dan kapasitas atau standar kerja, memperpanjang masa manfaat

Akumulasi
Nilai Perolehan
– penyusutan(disesuaikan dengan kebijakan akuntansi yang ada)

SAP

Biaya
perolehan tanpa nilai, donasi (bukan ruslag), sitaan

Harga wajar

SPI

 

 

1. Definisi Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) :
  1. Aset tetap adalah aset berwujud yang mempunyai masa manfaat lebih dari 12 bulan untuk digunakan dalam kegiatan pemerintah atau dimanfaatkan oleh masyarakat umum (bukan untuk dijual, barang konsumsi / material, dan perlengkapan )
  2. Biaya Perolehan adalah jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar imbalan lain yang diberikan untuk memperoleh suatu aset pada saat perolehan atau konstruksi sampai dengan aset tersebut dalam kondisi dan tempat yang siap untuk dipergunakan
  3. Komponen Biaya Perolehan gedung dan bangunan menggambarkan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh gedung dan bangunan sampai siap pakai. Biaya ini antara lain meliputi harga pembelian / biaya kontruksi, IMB, Notaris dan pajak termasuk biaya yang dapat diatibusikan secara langsung dalam membawa aset tersebut dapat bekerja untuk penggunaan yang dimaksudkan, contohnya :Biaya persiapan tempat, Biaya pengiriman, biaya simpan dan bongkar muat, Biaya pemasangan, Biaya profesional seperti arsitek dan insinyur, Biaya kontruksi, Biaya administrasi & umum, pra operasi (start up cost) sepanjang biaya tsb dapat diatribusikan secara langsung pada biaya perolehan aset atau membawa aset ke kondisi kerjanya.
  4. Setiap potongan dagang dan rabat dikurangkan dari harga pembelian.

 

 

 

 

2. Definisi Berdasarkan Standar Penilaian Indonesia (SPI) Lampiran No. 7 :
  1. Nilai wajar adalah nilai tukar aset atau penyelesaian kewajiban antar pihak yang memahami dan berkeinginan untuk melakukan transaksi wajar
  2. Penyusutan adalah penyesuaian nilai sehubungan dengan penurunan kapasitas dan manfaat dari suatu aset

 

 

Aset tetap dapat dibuat dan diklasifikasikan di dalam Kartu Inventaris Barang (KIB), yaitu :

– KIB A – Tanah

– KIB B – Peralatan dan Mesin

– KIB C – Gedung dan Bangunan

– KIB D – Jalan, Irigasi dan Jaringan

– KIB E – Aset Tetap lainnya (ternak, senjata, lab, kedokteran, pertanian,buku, kesenian,

   studio, dll)

– KIB F – Konstruksi dalam pengerjaan

Aset bersejarah yang tidak dipergunakan untuk operasional (gedung kantor) maka tidak diharuskan disajikan dalam neraca, namun harus diungkapkan bentuk dan jumlah unitnya dalam catatan atas laporan keuangan dengan tanpa nilai.

Didalam Penilaian Aset Tetap berupa tanah bahwa :

  1. Tanah yang diperoleh dengan maksud untuk dipakai dalam kegiatan operasional pemerintah dan dalam kondisi siap pakai.
  2. Pengakuan aset akan sangat handal bila aset telah diterima atau diserahkan bukti hak kepemilikannya dan atau pada saat penguasaannya berpindah. Apabila perolehan belum didukung dengan bukti secara hukum karena masih dalam proses administrasi maka aset tsb harus diakui pada saat terdapat bukti bahwa penguasaan aset telah berpindah, misalnya dengan kwuitansi telah terjadi pembayaran dengan sertifikat tanah atas nama pemilik sebelumnya.
  3. Tanah diakui pertama kali sebesar biaya perolehan. Biaya perolehan mencakup :

– Harga pembelian / pembebasan tanah

– Biaya pengurusan hak atas tanah (sertipikat)

– Biaya pematangan, pengukuran dan urugan tanah

– Biaya lainnya hingga tanah siap pakai

– Nilai tanah termasuk juga nilai bangunan tua di atas tanah tersebut jika bangunan

   tua tersebut dimaksudkan untuk dibongkar

  1. Apabila perolehan tanah pemerintah dilakukan olehpanitia pengadaan, maka termasuk honor  panitia pengadaan/ pembebasan tanah, belanja barang dan belanja perjalanan dinas dalam rangka perolehan tanah tersebut
  2. Biaya yang timbul atas penyelesaian sengketa tanah, seperti biaya pengadilan dan pengacara tidak dikapitalisasi sebagai biaya perolehan tanah
  3. Untuk keperluan penyusunan neraca awal, biaya perolehan aset tetap yang digunakan adalah nilai wajar pada saat neraca awal tsb disusun. Untuk periode selanjutnya setelah neraca awal, atas perolehan aset tetap baru, suatu entitas menggunakan biaya perolehan atau harga wajar bila biaya perolehan tidak ada)
  4. Bila biaya perolehan tidak diketahui (donasi, sitaan, hibah) maka dinilai berdasarkan nilai wajar pada saat aset tersebut diperoleh.

Contoh Kasus 1. (Perolehan tanah melalui pembelian / pembebasan lahan)

Pada tanggal 15 Juni 2009, SKPD XX pada Pemda Kabupaten XY melakukan pembelian sebidang tanah dari seorang warga yang akan dipergunakan untuk bangun kantor. Dalam peroleh tanah tersebut terdapat pengeluaran untuk nilai tanah Rp1,2 miliar, pajak Rp72 juta, biaya notaris dan balik nama Rp30 juta,honorarium panitia pengadaan sebesar Rp6 juta rupiah dan panitia pemeriksa barang sebesar Rp5 juta rupiah. Pengeluaran tersebut di anggarkan dalam belanja modal. Pembelian tersebut dilakukan secara tunai.

Biaya perolehan tanah adalah sebesar:

 

Biaya perolehan                                               Jumlah          

Harga beli tanah                                              1.200.000.000

Biaya notaris dan balik nama                                30.000.000

Pajak                                                                     72.000.000

Honorarium Panitia Pengadaan                               6.000.000

Honorarium Panitia Pemeriksa                                 5.000.000

Jumlah                                                             1.313.000.000 

  1. Penilaian nilai wajar tanah berdasarkan pendekatan data pasar.
  2. Pendekatan data pasar adalah metode penilaian suatu properti yang diperoleh dengan membandingkan properti yang dinilai terhadap properti lain yang sebanding yang ditransaksikan di pasar terbuka
  3. Aset tetap tanah yang berada di Indonesia tidak disusutkan, namun tanah di luar negeri mungkin dibatasi oleh waktu sesuai hukum yang berlaku di negara tsb, sehingga kepemilikannya bersifat tidak permanen. Maka biaya yang timbul atas perolehan hak (semacam hak guna/pakai atau hak pengelolaan) tersebut perlu disusutkan/diamortisasi.

ContohKasus 2. (Perolehan tanah melalui hibah / donasi)

Pemda Kabupaten XY menerima hibah aset tanah dari warga yang diperuntukkan  bagi gedung sekolah dasar. Berdasarkan berita acara serah terima dan berita acara hibah, SKPD yang menerima tanah tersebut adalah SKPD YX.

Tanah tersebut  diketahui merupakan tanah warisan keluarga dan nilai wajar untuk tanah tersebut dengan cara menaksir nilai barang pada tanggal penyerahan adalah Rp 500.000.000

Penilaian tanah (untuk neraca awal atau bila biaya perolehan tidak diketahui) hal yang harus diperhatikan diantaranya:

1. Sumber data pasar

  1. Property Agent
  2. Developer
  3. Pihak yang terlibat langsung dalam transaksi
  4. Iklan-iklan di surat kabar, majalah, internet, dll.
  5. Data resmi (NJOP)
  6. Penilai (appraisal) Independent

2. Analisis data pembanding tanah yang perlu diperhatikan kesesuaiannya dengan aset tanah yang kita nilai

– lokasi,

– aksesibilitas,

– luas,

– bentuk,

– frontage,

– kontur

– Harga jual

– Tanggal transaksi

– Aspek Hukum

– Kondisi Penjualan khusus

– Tata Kota

Contoh Adjusment Tanah

URAIAN

Tanah yang dinilai

Data tanah pembanding

Adjustment

Keterangan

 Luas (m2)

 1.000

 500

 Harga jual

 ?

 500.000.000

 Harga tanah (Rp/m2)

 ?

 100.000

100.000

 Kondisi tanah

tanah padat

tanah sawah

50.000

penambahan untuk urugan

 Aspek hukum

belum bersetifikat

SHM

(10.000)

pengurangan biaya sertipikat

 Kontur

miring kebelakang

datar

(15.000)

pengurangan biaya cut & fill

 Bentuk

segi empat

tidak beraturan

10.000

penambahan karena bentuk lebih baik

 Lokasi

jalan utama lebar 8m

jalan lingkungan lebar 4m

30.000

penambahan karena akses lebih baik

 TOTAL

165.000

indikasi nilai aset tanah Rp/m2

Maka nilai aset tanah                                           165.000.000

Faktor yang tidak kalah penting dalam pengelolaan aset pemerintah daerah adalah sistem informasi data. Dengan sistem informasi data aset pemerintah daerah yang memadai, pemerintah daerah dapat lebih mudah dan cepat untuk memperoleh data terkait aset ketika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Dengan sistem informasi data, pemerintah daerah juga dapat menyusun laporan aset secara lebih handal sehingga dapat memberi informasi yang lebih handal pada pemakai informasi dalam laporan keuangan.

Selain faktor-faktor pengelolaan aset daerah  yang didasarkan pada teori atau undang-undang, pemerintah daerah penting juga untuk mempertimbangkan aspek lain seperti aspek kebijakan pimpinan dan strategi.

Aspek ini merupakan faktor yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan aset tanah dan bangunan karena dengan kebijakan dan strategi pengelolaan aset oleh pimpinan pemerintah daerah dapat memberi arahan bagi pelaksanaan pengelolaan aset pemerintah. Dengan adanya kebijakan dan strategi pengelolaan aset yang tepat oleh pimpinan pemerintah daerah akan dapat mengoptimalkan manfaat aset bagi pemerintah daerah.

Posted in Artikel, Lainnya
Tagged with: , ,

Bagaimana Komentar Anda?

Twitter

Pesan

  • yalla shoot
    nyuruntul ah deuh
    10 November 2017
  • yalla shoot
    met malam
    8 November 2017
  • yalla shoot
    trims
    8 November 2017
  • nonton bola online
    Selamat malam semuanya
    6 November 2017
  • bacaan sholat
    terima kasih atas segala informasinya
    6 November 2017
  • Ngamplang
    ga ada kontak nya ah
    26 October 2017
  • yalla sport
    mlm
    25 October 2017
  • yalla shoot
    IRBAN I (Dinas Pendidkan dan Kebudayaan) IRBAN II (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) IRBAN III (Dinas Lingkungan Hidup) IRBAN IV (Dinas Kesehatan)
    23 October 2017
  • cara meninggikan badan
    terimakasih
    21 October 2017
  • Profil Cristiano Ronaldo
    Pemain Terbaik Dunia
    20 October 2017
  • Yalla Shoot
    Tatap tegak masa depan yang cerah
    20 October 2017
  • Yalla Shoot
    Tempat nonton bola online live streaming di internet tanpa buffering tercepat yang gratis dengan kualitas HD
    16 October 2017
  • doa sholat dhuha
    Termakasih
    13 October 2017
  • harga ayunan bayi
    tetap walaupun miis dengan adanya cpc
    12 October 2017
  • harga ayunan bayi
    terbaru murah dan bagus
    12 October 2017
  • yalla shoot
    semangat salam
    12 October 2017
  • Yalla Shoot Live Streaming
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian. Berbicara mengenai Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian, maka kita berbicara mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) baik yang diawasi maupun yang mengawasi. Pengawasan dan pengendalian memerlukan aturan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas baik itu berupa Undang-undang dalam hal ini Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri maupun Peraturan Kepala BKN.
    12 October 2017
  • Yalla Shoot
    Salam semangat
    11 October 2017
  • yallaq shoot
    Semoga forum ini tetap jaya selamanya
    9 October 2017
  • yallaq shoot
    yes baik juga
    9 October 2017
  • Watch streaming Live Yalla Shoot TV Sports Football Free Stream HD
    Watch streaming Live Yalla Shoot TV Sports Football Free Stream HD
    8 October 2017
  • Yalla Shoot
    semoga di lancarkan terima kasih
    7 October 2017
  • streaming bola
    Nonton Siaran Langsung Streaming Bola Live Online Gratis Tercepat Tanpa Buffering. www.siarantv.id
    7 October 2017
  • trans studio bandung
    trans studio bandung wahana
    7 October 2017
  • streaming tv one
    Makasih
    4 October 2017
  • Watch ball
    malam
    28 September 2017
  • yalla shoot
    selamat pagi dan selamat menjalankan aktipitas sebagai mana mestinya.
    25 September 2017
  • Live Streaming AC Milan
    Semoga dilancarkan berbagai hal dan program program yang direncanakan khususnya pembangunan
    22 September 2017
  • doa tahajud
    Inspektorat Daerah Kabupaten Lebak kembali melakukan Pemeriksaan Reguler Putaran 4 Tahun 2017 di tingkat SKPD. Pemeriksaan reguler yang dilaksanakan meliputi Pemeriksaan pengelolaan Keuangan dan Kekayaan asset bagian umum SETDA
    21 September 2017
  • Yalla Shoot
    semoga sukses.
    21 September 2017
  • Tiket Pesawat Murah
    Harga Tiket Pesawat Promo. Booking Semua Maskapai · Cepat 24/7 Booking Online · Indonesia & Luar Negeri · Travel Online 24 jam Destinations: Bali, Kuala Lumpur, Singapore, Bangkok, Surabaya, Medan, Hong Kong
    20 September 2017
  • Live streaming ball
    are you ready
    19 September 2017
  • alamat bank
    Daftar alamat bank di indonesia
    19 September 2017
  • harga emas
    Informasi harga emas hari ini, logam mulia antam, logam mulia king halim, logam mulia ubs, perak srh.
    18 September 2017
  • harga tiket kereta api
    Pesan Tiket Kereta Api online HARGA PROMO di Traveloka. Partner resmi PT KAI. Proses pemesanan mudah, jadwal lengkap, jaminan harga terbaik!
    18 September 2017
  • Tiket Pesawat
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian
    18 September 2017
  • Tiket Pesawat
    Perlunya Perhatian Pengelolaan Aset Daerah Pada SKPD
    18 September 2017
  • TV Streaming
    Tempat untuk nonton tv online live streaming tanpa buffering
    18 September 2017
  • harga ban mobil
    ok terbaru update
    15 September 2017
  • tiket pesawat
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian
    14 September 2017
  • harga kosmetik wardah
    terbaru
    14 September 2017
  • Basel Vs Manchester United
    Basel vs Man Utd Liga Champions Fase grup besok, 01.45 Old Trafford, Stretford
    12 September 2017
  • Barcelona vs Juventus
    Barcelona vs Juventus Liga Champions Fase grup besok, 01.45 Camp Nou, Barcelona
    12 September 2017
  • Yalla Shoot
    Nonton bola online gratis live streaming HD tanpa buffering tidak lelet
    11 September 2017
  • tv online indonesia
    Nonton bola online free live streaming HD tanpa buffering lelet
    10 September 2017
  • Tiket pesawat murah
    tiket pesawat
    10 September 2017
  • yalla shoot
    Nonton bola online free live streaming HD tanpa buffering lelet
    10 September 2017
  • xiaomi Mi6
    duh ,,, mantap nih hp
    10 September 2017
  • Yalla Shoot
    Lancar Jaya
    9 September 2017
  • pidato singkat syukur nikmat
    kab lebak semoga tetap jaya dan bisa lebih meningkat dalam mengayomi masyarakatnya
    8 September 2017
  • pidato singkat syukur nikmat
    kab lebak semoga tetap jaya dan bisa lebih meningkat dalam mengayomi masyarakatnya
    8 September 2017
  • modifikasi rx king
    semoga kabupaten lebak ini dijadika nagara yang aman tentram dan sejahtra
    8 September 2017
  • shalat jamak qashar
    Wow ternyata sangat keren Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 ini semoga dapat terlaksana bagi semuanya
    8 September 2017
  • shalat jenazah
    Ternyata emang hebat kabupaten lebak dalam mensejahtraan masyarakatnya
    8 September 2017
  • puasa asyura
    kami bangga menjadi masyarakat kab lebak dengan kemajuan nnprastruktur
    8 September 2017
  • doa qunut
    semoga kabupaten lebak semaikin maju dan berembang
    8 September 2017
  • tiket pesawat murah
    Promo
    8 September 2017
  • tiket pesawat
    tiket pesawat murah
    8 September 2017
  • Hotel santika Tasikmalaya
    Selamat idul adha
    1 September 2017
  • Hotel santika Bandung
    Selamat idul adha
    1 September 2017
  • tv streaming online
    Nonton Streaming TV Online Indonesia tanpa buffering Terlengkap
    31 August 2017
  • nonton tv streaming
    Nonton streaming TV on-line indonesia gratis streaming motogp, liga 1, premier league, La Liga, champions league paling cepat terlengkap tanpa ada buffering.
    31 August 2017
  • nama bayi perempuan
    Himpunan Daftar Nama Nama Bayi Serta Berarti ini diisi nama anak unik & bagus. Pas untuk nama bayi yang lahir di th. 2017.
    31 August 2017
  • nonton tv online
    Nonton Streaming TV On-line Indonesia tanpa ada buffering Terlengkap HD Gratis SCTV RCTI Indosiar TVOne GlobalTV Trans TV Trans7 MNC TV ANTV NetTV.
    31 August 2017
  • tv online
    Nonton Streaming TV On-line Indonesia tanpa ada buffering Terlengkap HD Gratis SCTV RCTI Indosiar TVOne GlobalTV Trans TV Trans7 MNC TV ANTV NetTV.
    31 August 2017
  • arti nama bayi
    Himpunan Makna Nama Islami Nama Bayi Anak Wanita Serta Laki Popular 2017 serta indah Paling baik.
    31 August 2017
  • tv online indonesia
    Norton TV on-line Indonesia Gratis, tanpa ada buffering live Streaming TV SCTV RCTI Indosiar tvOne GlobalTV Trans TV serta yang lain dapat disaksikan lewat gadget.
    31 August 2017
  • tv online indonesia
    uvuvwevwevwe onyetenyevwe ugwemubwem osas
    28 August 2017
  • tv streaming
    ososlksajdjasdasd
    28 August 2017
  • streaming tv
    promo tiket pesawat garuda
    28 August 2017
  • live streaming
    mantap
    28 August 2017
  • tv online
    anaba
    28 August 2017
  • tiket pesawat garuda
    promo tiket pesawat garuda beli 1 gratis 1
    24 August 2017
  • hotel bintang 5 di bandung
    hotel bintang 5 di bandung
    24 August 2017
  • tiket pesawat ke bali
    Yu bernenang ke pantau bali , cek tiket pesawat ke bali
    24 August 2017
  • streaming
    atut
    24 August 2017
  • fashion
    serem beber
    23 August 2017
  • Tiket Pesawat MUrah
    Merdeka
    22 August 2017
  • Tiket Pesawat MUrah
    Pagi semua
    22 August 2017
  • tv online
    atus boss
    21 August 2017
  • streaming online
    serem
    21 August 2017
  • yalla shoot
    Tahns
    20 August 2017
  • yalla shoot
    123
    19 August 2017
  • Yuk Hijrah
    Mari berhijrah
    18 August 2017
  • Tanaman Hidroponik
    Mantap
    18 August 2017
  • Tanaman Hidroponik
    Sangan Bermanfaat. terima kasih.
    18 August 2017
  • interior design
    sangat bagus infonya
    15 August 2017
  • program diet d'lemonie
    thnkns infonya
    10 August 2017
  • naik delman
    sdfaasd
    8 August 2017
  • harga hp samsung
    samsung
    7 August 2017
  • nama bayi
    untuk perempuan dan laki laki islami terbaru
    5 August 2017
  • yalla shoot
    ey ah
    3 August 2017
  • biodata foto artis
    hade
    3 August 2017
  • arti nama bayi
    buaahhh
    3 August 2017
  • http://hariantv.com
    mantabb
    29 July 2017
  • SurveiPoker
    hola
    29 July 2017
  • program diet
    infonya bermanfaat
    28 July 2017
  • sari lemon
    thnkns infonya
    28 July 2017
Your Shout
November 2017
MTWTFSS
« Oct  
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930 

Foto Pegawai

Dudung Kurniawan, SE Yuniardi Suherman, SE Endang Suherman, S.Sos Yayat Supriatna, S.Sos, M.Si Juhanda Iyan Agustian Drs.Halson Nainggolan, M.Si Risa eka putri Dadi Sadid Khotami, S.Sos Risa eka putri Drs. Halson Nainggolan, M.Si Iwan Gustiawan, SE Eko Nugroho Lukman Sujana, SE H.Hasanudin, Bae Dra. Rohayati, M.Si Agus Sumardi, S.Sos Holik