Inspektorat Kabupaten Lebak

Sejarah Lahirnya Kota Rangkasbitung, Lebak Banten

RANGKASBITUNG – Hari itu, 22 Januari 1857, langit Rangkasbitung dihiasi awan putih bersemu kelabu ketika seorang Belanda yang ditugaskan sebagai Asisten Residen di Kabupaten Lebak berpidato. Puluhan orang berbaju rapih, duduk berjajar teratur menghadap sang Asisten Residen yang baru dilantik itu. Suasana takzim terpancar dari roman muka hadirin, terlebih dari sinar mata Asisten Residen yang memulai pidatonya.

”Tapi saya lihat, bahwa rakyat tuan-tuan  miskin, dan itulah yang ”menggembirakan” hati saya…. Katakan kepada saya, bukankah si petani miskin? Bukankah padi menguning seringkali untuk memberi makan orang yang tidak menanamnya? Bukankah banyak kekeliruan di negeri tuan?”

Presiden pertama RI, Ir. Soekarno sedang mengunjungi Stasiun Kereta Api Rangkasbitung

Presiden pertama RI, Ir. Soekarno sedang mengunjungi Stasiun Kereta Api Rangkasbitung

Demikianlah tukilan pidato Eduard Douwes Dekker alias Multatuli alias Max Havelaar di hadapan para petinggi Kabupaten Lebak. Pidato yang kritis itu dilakukan di serambi kantor di Rangkasbitung, sehari setelah pengangkatannya sebagai Asisten Residen Lebak.

Pernyataan kegembiraan Douwes Dekker mengenai banyaknya rakyat miskin di Kabupaten Lebak bermakna sebagai sindiran halus, bagi para petinggi di Rangkasbitung. Melalui sindiran itu, dia berharap terjadi perubahan kinerja di kalangan pemerintahan di Rangkasbitung, yang saat itu terkenal korup.

Tingginya pajak, panen yang selalu gagal, kesenjangan ekonomi-sosial yang lebar dan menurunnya produksi ternak, menjadi sebuah keniscayaan yang tak terelakkan bagi penduduk Rangkasbitung, dan Lebak pada umumnya. Korupsi besar-besaran di kalangan pejabat pemerintahan kala itu, pun semakin menurunkan standar hidup penduduk. Situasi ini  juga dialami di hampir seluruh daerah di Banten. Sehingga, pada masa selanjutnya, beberapa faktor pemiskinan tersebut, menjadi pemicu gerakan perlawanan terhadap pemerintahan kolonial.

Begitulah kondisi umum Kabupaten Lebak di zaman kolonial, yang digambarkan secara gamblang oleh Douwes Dekker dalam novelnya ”Max Havelaar atau Lelang Kopi Persekutuan Dagang Belanda”. Benar, Douwes Dekker tak pernah berhasil mengangkat taraf hidup penduduk Lebak lebih baik; alih-alih, melalui sebuah konspirasi rivalnya, ia difitnah dan berhasil dicampakkan dari jabatannya sebagai Asisten Residen. Namun demikian, kendati dia seorang pegawai kolonial, semangatnya untuk melakukan perubahan dan meningkatkan taraf hidup penduduk Lebak, menjadi contoh yang patut ditiru.

Rangkasbitung dan Revolusi Indonesia

Kemiskinan telah menjadi keseharian penduduk Lebak. Dan dampaknya dari faktor itu pula, sifat radikalisme terbangunkan. Sejak pemberontakan komunis 1926, Rangkasbitung sebagai ibukota Lebak, menjadi kota terpenting kedua di Banten setelah Serang. Kota ini selalu dijadikan basis pergerakan politik para tokoh revolusioner Banten.

Pada Juni 1945 misalnya, menjelang menyerahnya Jepang, beberpa pemuda Banten yang tergabung dalam Badan Pembantu Keluarga Peta (BPP) dan beberapa unsur pemuda lainnya, mengadakan sebuah pertemuan rahasia di kediaman Tachril, di Rangkasbitung. Pertemuan yang disponsori oleh BPP itu, dilakukan untuk membicarakan kemungkinan kemerdekaan Indonesia pasca menyerahnya Jepang dan memilih wakil Banten untuk menghadiri konferensi pemuda di Jakarta pada 9 Agustus 1945.

BPP adalah sebuah organisasi sosial yang memberikan bantuan kepada keluarga dari prajurit-prajurit Peta dan Heiho yang sudah meninggal. Organisasi ini menerbitkan dua kali sebulan majalahnya, dengan nama Pradjurit. Majalah ini dipimpin oleh Oto Iskandardinata dan Sjamsudin Sutan Makmur (Nugroho Notosusanto: 1979).

Dalam pertemuan Rangkasbitung itu, hadir pula Tan Malaka, tokoh pergerakan yang ketika berada di Banten mengubah namanya menjadi Ilyas Husein. Sebagian besar pemuda yang hadir dalam pertemuan, menyatakan akan memutuskan setiap hubungan kerjasama dengan Jepang dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sebagian kecil lainnya berpendapat, masih perlu menjalin kerjasama dengan Jepang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Di tengah hiruk pikuk perdebatan, Tan Malaka mengemukakan pendapatnya, supaya perbedaan taktis itu hendaknya diselesaikan di konferensi Jakarta saja. Kemudian Tan Malaka menambahkan, bahwa perlu dibentuk sebuah organisasi sendiri dengan pemimpinnya sendiri yang sama sekali tak berhubungan dengan Jepang. Akhirnya pertemuan diakhiri dengan memilih Tan Malaka sebagai wakil Banten. Selain itu, terpilih juga enam orang radikal lainnya, Tje Mamat adalah salah satunya.

Pertemuan Rangkasbitung tersebut jarang disebut, dalam sejarah Indonesia, kecuali dicatat dalam laporan Tan Malaka, yang kemudian dikutip oleh Harry A. Poeze dalam bukunya ”Pergulatan Menuju Republik: Tan Malaka 1925-1945”. Pertemuan Rangkasbitung itu, diyakini menjadi tonggak awal beberapa peristiwa  lain yang mewarnai kondisi politik Banten selama periode awal revolusi.

Dewan Perwakilan dan Terbunuhnya Bupati R.T. Hardiwinangun

Hubungan tokoh-tokoh revolusioner di Banten dengan Tan Malaka pada periode Jepang hingga masa awal kemerdekaan Indonesia, terjalin dengan dekat. Tokoh besar yang riwayatnya diselubungi misteri itu berhasil menanamkan pengaruh kuat dikalangan tokoh-tokoh tersebut. Didirikannya Dewan Rakyat oleh Tje Mamat diyakini, oleh karena anjuran Tan Malaka kepada segenap eksponen perjuangan di Banten, untuk mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan demi kemerdekaan rakyat semata.

Kekacauan politik dan kekosongan pemerintahan, menyebabkan munculnya tindakan-tindakan beberapa kelompok politik, khususnya veteran pemberontakan 1926, untuk membalaskan dendam mereka kepada pejabat pemerintah, polisi dan orang-orang  Belanda. Suasana revolusi yang euforistik mendorong kaum ulama mengambil alih kepemimpinan. Atas dasar itulah K.H. Achmad Chatib diangkat sebagai residen Banten. Kendati demikian, pemerintahan yang baru itu tak dapat segera mengendalikan keadaan. Pembunuhan tetap terjadi dimana-mana.

Di pihak lain, Tje Mamat dengan Dewan Perwakilan Rakyatnya semakin leluasa bergerak, bahkan dalam level tertentu mereka menjelma, menjadi penguasa Banten yang sesungguhnya. Tujuan mereka hanyalah satu: mencapai kemerdekaan rakyat Indonesia yang hakiki. Hubungan Dewan Rakyat dengan Pemerintahan Pusat RI di Jakarta yang renggang, membuat gusar Presiden Soekarno. Beberapa media massa di Jakarta memberitakan bahwa Banten, dibawah kendali Dewan Rakyat akan memisahkan diri dari Republik. Aksi bersenjata untuk membubarkan Dewan Rakyat pun dilakukan oleh TKR, Namun hal  itu tak semudah yang diperkirakan pemerintah Jakarta. Dewan Rakyat tetap berkuasa.

Hingga akhirnya, Presiden Soekarno disertai Wakil Presiden Mohammad Hatta dan Jaksa Agung Mr. Kasman Singodimedjo, mengunjungi Serang dan Rangkasbitung pada tanggal 9-12 Desember 1945. Dalam pidatonya di Rangkasbitung, Bung Karno mengatakan, bahwa kedaulatan rakyat jangan ditafsirkan secara harfiah. Adalah penting untuk menjaga persatuan nasional dalam bingkai Negara Republik Indonesia. Bung Hatta yang terkenal pendiam pun turut bicara, ia mengatakan, bahwa Dewan Rakyat tak berguna dan harus dibubarkan.

Ketika Bung Karno dan Bung Hatta berada di Rangkasbitung, beberapa anggota Dewan Rakyat menculik dan membunuh Bupati Lebak R.T. Hardiwinangun di daerah Cisiih. Para penculik datang kepadanya dengan mengaku sebagai utusan Presiden Soekarno. Peristiwa pembunuhan itu tidak lain bertujuan untuk menunjukkan kepada Presiden Soekarno, bahwa Dewan Rakyat tidak main-main dengan tujuannya. Tetapi pada akhirnya Dewan Rakyat dibubarkan, dan para pembunuh Bupati R.T. Hardiwinangun berhasil ditangkap. Banten tetap menjadi bagian integral Republik Indonesia.

Setitik Rangkasbitung dalam Belanga Sejarah Indonesia

Seluruh rangkaian peristiwa tersebut, menunjukkan pergolakan sejarah yang pernah terjadi di Banten, khususnya di Rangkasbitung sebagai salah satu kotaterpenting dalam aktivitas politik di Banten. Rangkasbitung dengan segala kekurangan dan kelebihannya memiliki posisi yang sangat penting dalam sejarah Indonesia. Kendati hanya sebuah kota kecil, Rangkasbitung, atau Kabupaten Lebak dalam skala yang lebih luas, merupakan memorabilia perjuangan bangsa yang sudah selayaknya diperkenalkan ke segala penjuru Indonesia, bahkan dunia.

Oleh karena itu, penting bagi segenap komponen masyarakat di Kabupaten Lebak untuk bersama-sama mengambil hikmah dari sejarah dan mewarisi serta memaknai sifat radikalisme rakyat Banten dalam bingkai transformasi yang progresif. Penggalan kisah diatas, merupakan rekreasi ke masa lampau yang bertujuan merefleksikan kembali berbagai hal dimasa lalu, sehingga kita bersama dapat mengambil pelajaran serta melakukan kritik dan otokritik bagi diri kita, sebagai bagian dari sejarah Rangkasbitung.

Sejarah ibarat Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tanpa KTP kita takkan memiliki identitas, yang tentu akan sangat merepotkan. Begitu pula sejarah, tanpa seorang individu atau sekelompok masyarakat, bagaikan kehilangan ingatan (amnesia) dan tak memiliki jati diri. Dan Rangkasbitung, adalah seumpama satu pilar penyanggga bangunan sejarah Indonesia. Menghilangkan peran Rangkasbitung dalam sejarah Indonesia, sama halnya dengan meruntuhkan bangunan sejarah itu sendiri.

Sejalan dengan semua itu, Rangkasbitung sebagai salah sebuah kota bersejarah, menyimpan berbagai memori penting dalam kaitannya dengan sejarah Indonesia. Sejak zaman kolonial hingga awal kemerdekaan, Rangkasbitung terkenal sebagai salah satu pusat radikalisme rakyat Banten. Selain beberapa peristiwa penting, juga banyak tokoh nasional yang dilahirkan atau mengawali karirnya di kota ini.

Bagi Benjamin Mangkoedilaga misalnya, mantan hakim agung yang terkenal karena keberaniannya memutus TEMPO tak bersalah dalam kasus pembredelan tahun 1994, Rangkasbitung adalah sebuah kota yang memberinya inspirasi. Dari kota ini pula ia memulai kesuksesannya sebagai hakim. Oleh karena itu, untuk mengenang kembali pergaulannya dengan Rangkasbitung, ia menulis sebuah buku dengan judul ”Dari Alun-alun Timur Rangkasbitung ke Medan Merdeka Utara”.

Wajar jika W.S. Rendra menciptakan sebuah puisi ”Doa Pemuda Rangkasbitung Rotterdam”, dan harapan ribuan warga lainnya: semoga tak ada lagi ketimpangan sosial-ekonomi yang mendera, tak ada lagi kemiskinan yang meililit dan tak ada lagi korupsi yang merajalela.

Sumber : http://alhudristai.wordpress.com/2013/02/04/sejarah-lahirnya-kota-rangkasbitung-lebak-banten/comment-page-1/

3 comments on “Sejarah Lahirnya Kota Rangkasbitung, Lebak Banten
  1. Al Hudri Albantani says:

    Semoga bisa menambah wawasan dan kecintaan kita terhadap daerah sendiri.Sukses buat Inspektorat Kab. Lebak . Makasih udah cantumin sumbernya !

  2. Sindi says:

    Terima kasih ulasan menarik diatas. Kini saya menambah wawasan terbaru mengenai salah satu sejarah lahirnya kota rangkasbitung yang begitu terkenal ini..

  3. Dion H. Hardiwinangun says:

    Uraian yang sangat menarik dan dapat terus ditingkatkan

Bagaimana Komentar Anda?

Twitter

Pesan

  • yalla shoot
    nyuruntul ah deuh
    10 November 2017
  • yalla shoot
    met malam
    8 November 2017
  • yalla shoot
    trims
    8 November 2017
  • nonton bola online
    Selamat malam semuanya
    6 November 2017
  • bacaan sholat
    terima kasih atas segala informasinya
    6 November 2017
  • Ngamplang
    ga ada kontak nya ah
    26 October 2017
  • yalla sport
    mlm
    25 October 2017
  • yalla shoot
    IRBAN I (Dinas Pendidkan dan Kebudayaan) IRBAN II (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) IRBAN III (Dinas Lingkungan Hidup) IRBAN IV (Dinas Kesehatan)
    23 October 2017
  • cara meninggikan badan
    terimakasih
    21 October 2017
  • Profil Cristiano Ronaldo
    Pemain Terbaik Dunia
    20 October 2017
  • Yalla Shoot
    Tatap tegak masa depan yang cerah
    20 October 2017
  • Yalla Shoot
    Tempat nonton bola online live streaming di internet tanpa buffering tercepat yang gratis dengan kualitas HD
    16 October 2017
  • doa sholat dhuha
    Termakasih
    13 October 2017
  • harga ayunan bayi
    tetap walaupun miis dengan adanya cpc
    12 October 2017
  • harga ayunan bayi
    terbaru murah dan bagus
    12 October 2017
  • yalla shoot
    semangat salam
    12 October 2017
  • Yalla Shoot Live Streaming
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian. Berbicara mengenai Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian, maka kita berbicara mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) baik yang diawasi maupun yang mengawasi. Pengawasan dan pengendalian memerlukan aturan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas baik itu berupa Undang-undang dalam hal ini Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri maupun Peraturan Kepala BKN.
    12 October 2017
  • Yalla Shoot
    Salam semangat
    11 October 2017
  • yallaq shoot
    Semoga forum ini tetap jaya selamanya
    9 October 2017
  • yallaq shoot
    yes baik juga
    9 October 2017
  • Watch streaming Live Yalla Shoot TV Sports Football Free Stream HD
    Watch streaming Live Yalla Shoot TV Sports Football Free Stream HD
    8 October 2017
  • Yalla Shoot
    semoga di lancarkan terima kasih
    7 October 2017
  • streaming bola
    Nonton Siaran Langsung Streaming Bola Live Online Gratis Tercepat Tanpa Buffering. www.siarantv.id
    7 October 2017
  • trans studio bandung
    trans studio bandung wahana
    7 October 2017
  • streaming tv one
    Makasih
    4 October 2017
  • Watch ball
    malam
    28 September 2017
  • yalla shoot
    selamat pagi dan selamat menjalankan aktipitas sebagai mana mestinya.
    25 September 2017
  • Live Streaming AC Milan
    Semoga dilancarkan berbagai hal dan program program yang direncanakan khususnya pembangunan
    22 September 2017
  • doa tahajud
    Inspektorat Daerah Kabupaten Lebak kembali melakukan Pemeriksaan Reguler Putaran 4 Tahun 2017 di tingkat SKPD. Pemeriksaan reguler yang dilaksanakan meliputi Pemeriksaan pengelolaan Keuangan dan Kekayaan asset bagian umum SETDA
    21 September 2017
  • Yalla Shoot
    semoga sukses.
    21 September 2017
  • Tiket Pesawat Murah
    Harga Tiket Pesawat Promo. Booking Semua Maskapai · Cepat 24/7 Booking Online · Indonesia & Luar Negeri · Travel Online 24 jam Destinations: Bali, Kuala Lumpur, Singapore, Bangkok, Surabaya, Medan, Hong Kong
    20 September 2017
  • Live streaming ball
    are you ready
    19 September 2017
  • alamat bank
    Daftar alamat bank di indonesia
    19 September 2017
  • harga emas
    Informasi harga emas hari ini, logam mulia antam, logam mulia king halim, logam mulia ubs, perak srh.
    18 September 2017
  • harga tiket kereta api
    Pesan Tiket Kereta Api online HARGA PROMO di Traveloka. Partner resmi PT KAI. Proses pemesanan mudah, jadwal lengkap, jaminan harga terbaik!
    18 September 2017
  • Tiket Pesawat
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian
    18 September 2017
  • Tiket Pesawat
    Perlunya Perhatian Pengelolaan Aset Daerah Pada SKPD
    18 September 2017
  • TV Streaming
    Tempat untuk nonton tv online live streaming tanpa buffering
    18 September 2017
  • harga ban mobil
    ok terbaru update
    15 September 2017
  • tiket pesawat
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian
    14 September 2017
  • harga kosmetik wardah
    terbaru
    14 September 2017
  • Basel Vs Manchester United
    Basel vs Man Utd Liga Champions Fase grup besok, 01.45 Old Trafford, Stretford
    12 September 2017
  • Barcelona vs Juventus
    Barcelona vs Juventus Liga Champions Fase grup besok, 01.45 Camp Nou, Barcelona
    12 September 2017
  • Yalla Shoot
    Nonton bola online gratis live streaming HD tanpa buffering tidak lelet
    11 September 2017
  • tv online indonesia
    Nonton bola online free live streaming HD tanpa buffering lelet
    10 September 2017
  • Tiket pesawat murah
    tiket pesawat
    10 September 2017
  • yalla shoot
    Nonton bola online free live streaming HD tanpa buffering lelet
    10 September 2017
  • xiaomi Mi6
    duh ,,, mantap nih hp
    10 September 2017
  • Yalla Shoot
    Lancar Jaya
    9 September 2017
  • pidato singkat syukur nikmat
    kab lebak semoga tetap jaya dan bisa lebih meningkat dalam mengayomi masyarakatnya
    8 September 2017
  • pidato singkat syukur nikmat
    kab lebak semoga tetap jaya dan bisa lebih meningkat dalam mengayomi masyarakatnya
    8 September 2017
  • modifikasi rx king
    semoga kabupaten lebak ini dijadika nagara yang aman tentram dan sejahtra
    8 September 2017
  • shalat jamak qashar
    Wow ternyata sangat keren Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 ini semoga dapat terlaksana bagi semuanya
    8 September 2017
  • shalat jenazah
    Ternyata emang hebat kabupaten lebak dalam mensejahtraan masyarakatnya
    8 September 2017
  • puasa asyura
    kami bangga menjadi masyarakat kab lebak dengan kemajuan nnprastruktur
    8 September 2017
  • doa qunut
    semoga kabupaten lebak semaikin maju dan berembang
    8 September 2017
  • tiket pesawat murah
    Promo
    8 September 2017
  • tiket pesawat
    tiket pesawat murah
    8 September 2017
  • Hotel santika Tasikmalaya
    Selamat idul adha
    1 September 2017
  • Hotel santika Bandung
    Selamat idul adha
    1 September 2017
  • tv streaming online
    Nonton Streaming TV Online Indonesia tanpa buffering Terlengkap
    31 August 2017
  • nonton tv streaming
    Nonton streaming TV on-line indonesia gratis streaming motogp, liga 1, premier league, La Liga, champions league paling cepat terlengkap tanpa ada buffering.
    31 August 2017
  • nama bayi perempuan
    Himpunan Daftar Nama Nama Bayi Serta Berarti ini diisi nama anak unik & bagus. Pas untuk nama bayi yang lahir di th. 2017.
    31 August 2017
  • nonton tv online
    Nonton Streaming TV On-line Indonesia tanpa ada buffering Terlengkap HD Gratis SCTV RCTI Indosiar TVOne GlobalTV Trans TV Trans7 MNC TV ANTV NetTV.
    31 August 2017
  • tv online
    Nonton Streaming TV On-line Indonesia tanpa ada buffering Terlengkap HD Gratis SCTV RCTI Indosiar TVOne GlobalTV Trans TV Trans7 MNC TV ANTV NetTV.
    31 August 2017
  • arti nama bayi
    Himpunan Makna Nama Islami Nama Bayi Anak Wanita Serta Laki Popular 2017 serta indah Paling baik.
    31 August 2017
  • tv online indonesia
    Norton TV on-line Indonesia Gratis, tanpa ada buffering live Streaming TV SCTV RCTI Indosiar tvOne GlobalTV Trans TV serta yang lain dapat disaksikan lewat gadget.
    31 August 2017
  • tv online indonesia
    uvuvwevwevwe onyetenyevwe ugwemubwem osas
    28 August 2017
  • tv streaming
    ososlksajdjasdasd
    28 August 2017
  • streaming tv
    promo tiket pesawat garuda
    28 August 2017
  • live streaming
    mantap
    28 August 2017
  • tv online
    anaba
    28 August 2017
  • tiket pesawat garuda
    promo tiket pesawat garuda beli 1 gratis 1
    24 August 2017
  • hotel bintang 5 di bandung
    hotel bintang 5 di bandung
    24 August 2017
  • tiket pesawat ke bali
    Yu bernenang ke pantau bali , cek tiket pesawat ke bali
    24 August 2017
  • streaming
    atut
    24 August 2017
  • fashion
    serem beber
    23 August 2017
  • Tiket Pesawat MUrah
    Merdeka
    22 August 2017
  • Tiket Pesawat MUrah
    Pagi semua
    22 August 2017
  • tv online
    atus boss
    21 August 2017
  • streaming online
    serem
    21 August 2017
  • yalla shoot
    Tahns
    20 August 2017
  • yalla shoot
    123
    19 August 2017
  • Yuk Hijrah
    Mari berhijrah
    18 August 2017
  • Tanaman Hidroponik
    Mantap
    18 August 2017
  • Tanaman Hidroponik
    Sangan Bermanfaat. terima kasih.
    18 August 2017
  • interior design
    sangat bagus infonya
    15 August 2017
  • program diet d'lemonie
    thnkns infonya
    10 August 2017
  • naik delman
    sdfaasd
    8 August 2017
  • harga hp samsung
    samsung
    7 August 2017
  • nama bayi
    untuk perempuan dan laki laki islami terbaru
    5 August 2017
  • yalla shoot
    ey ah
    3 August 2017
  • biodata foto artis
    hade
    3 August 2017
  • arti nama bayi
    buaahhh
    3 August 2017
  • http://hariantv.com
    mantabb
    29 July 2017
  • SurveiPoker
    hola
    29 July 2017
  • program diet
    infonya bermanfaat
    28 July 2017
  • sari lemon
    thnkns infonya
    28 July 2017
Your Shout
November 2017
MTWTFSS
« Oct  
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930 

Foto Pegawai

Risa eka putri Dudung Kurniawan, SE Dadi Sadid Khotami, S.Sos Yuniardi Suherman, SE Agus Sumardi, S.Sos Holik Iwan Gustiawan, SE Dra. Rohayati, M.Si Eko Nugroho H.Hasanudin, Bae Iyan Agustian Lukman Sujana, SE Endang Suherman, S.Sos Drs.Halson Nainggolan, M.Si Drs. Halson Nainggolan, M.Si Yayat Supriatna, S.Sos, M.Si Risa eka putri Juhanda