Inspektorat Kabupaten Lebak

Perlunya Perhatian Pengelolaan Aset Daerah Pada SKPD

PERLUNYA PERHATIAN PENGELOLAAN ASET DAERAH PADA SKPD

Oleh : Erlina Kadir, S.TP, M.Si (Auditor Ahli Pertama)

Beberapa persoalan yang mendasar dalam pengelolaan barang milik daerah tidak hanya terletak pada bagaimana kita menyajikan nilai aset secara akurat dalam laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, akan tetapi berada pada upaya kita mengoptimalkan fungsi barang milik daerah dalam penyelenggaraan pemerintah serta pelaksanaan urusan yang menjadi kewenangannya sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Jika pemerintah daerah tidak mengetahui penyebab yang mendasar dari kurangnya kinerja pengeloaan barang milik daerah, secara umum sangat sulit untuk berhasil meningkat kinerja pengelolaan barang milik daerah.

Karena terkait dengan masalah anggaran, maka pemenuhan kebutuhan BMD (Barang Milik Daerah) di setiap SKPD kondisinya sangat terbatas. Tidak semua kebutuhan BMD dapat terpenuhi dalam 1 (satu) tahun anggaran. Oleh sebab itu, dituntut kemampuan para pimpinan SKPD untuk bisa mengelola sumber daya BMD yang ada untuk dapat memenuhi tuntutan pelaksanaan tupoksi dengan alokasi sumber daya BMD yang terbatas tersebut. Pimpinan SKPD harus mampu mengarahkan bawahannya agar bertindak seefisien dan efektif mungkin dalam penggunaan Sumber Daya BMD. Pimpinan SKPD juga harus bisa mengawasi dan mengontrol penggunaan BMD sehingga betul-betul hanya digunakan untuk menunjang tupoksi SKPD.

Adapun beberapa permasalahan dalam pengelolaan BMD tersebut adalah :

  1. Beberapa Kepala SKPD lebih merasa dirinya sebagai Pengguna Anggaran dari pada sebagai Pengguna Barang.

Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Pasal 1 Ayat (10) “Satuan Kerja Perangkat Daerah yang selanjutnya disingkat SKPD adalah perangkat daerah pada pemerintah daerah selaku pengguna anggaran/pengguna barang”. Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Lebak Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Pasal 6 Ayat (4) “Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah selaku pengguna barang milik daerah, berwenang dan bertanggung jawab”. Kepala SKPD dalam melaksanakan tugas pengelolaan keuangan daerah, beliau adalah Pengguna Anggaran, dan dalam melaksanakan tugas pengelolaan barang milik daerah beliau adalah Pengguna Barang. Hampir sebagian besar Kepala SKPD lebih “merasa” sebagai Pengguna Anggaran di bandingkan Pengguna Barang. Salah satunya mungkin disebabkan karena kurangnya pemahaman Kepala SKPD selaku Pengguna Barang terhadap pengelolaan barang milik daerah, kurangnya sosialisasi dan pelatihan terkait dengan BMD.

  1. Analisa Kebutuhan BMD Tidak Matang

      Perencanaan BMD sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah Pasal 18 Ayat (1) “Perencanaan kebutuhan barang milik daerah disusun dengan memperhatikan kebutuhan pelaksanaan tugas dan fungsi SKPD serta ketersediaan barang milik daerah yang ada”, dan Ayat (3) “Perencanaan barang milik daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) harus dapat mencerminkan kebutuhan riil barang milik daerah pada SKPD sehingga dapat dijadikan dasar dalam penyusunan RKBMD”.

      Oleh karena itu langkah-langkah yang perlu kita ambil dalam menyusun perencanaan kebutuhan BMD tersebut antara lain sebagai berikut :

  •    Lakukan analisa kebutuhan barang (baik jumlah maupun spesifikasinya) dan;
  • Sesuaikan dengan standar yang ada (Standarisasi Sarana dan Prasarana Pemerintahan Daerah). Standarisasi ini tentunya sudah memperhitungkan jumlah pegawai, luas ruangan kantor dan hal-hal lainnya. Jika belum melebihi standar maka kebutuhan tersebut dapat kita proses lebih lanjut. Penting untuk diketahui bahwa standarisasi tersebut hanya mengatur kebutuhan yang bersifat umum sedangkan untuk kebutuhan yang bersifat khusus perlu penjelasan-penjelasan dan analisa-analisa yang bersifat teknis.
  • Inventarisir kondisi BMD yang adauntuk mengetahui apakah perlu penambahan, penggantian atau cukup dilakukan perbaikan saja.
  •    Beri skor masing-masing usulan penambahan atau penggantian berdasarkan intensitas pemakaian sehingga kita dapat menentukan prioritas pengadaan.
  1. Insentif yang diberikan kepada pengurus dan penyimpan barang belum sebanding dengan beban kerjanya

Beberapa penyimpan barang dan pengurus barang, sebagian belum mendapatkan perhatian yang optimal dari Kepala SKPD seperti adanya tambahan insentif.

Penyimpan dan Pengurus Barang melakukan tugasnya untuk semua barang sejak SKPD tersebut berdiri,artinya seperti pengurus barang bertanggungjawab bukan hanya barang yang berasal dari tahun anggaran berjalan saja tetapi juga tahun anggaran sebelumnya.Yang menjadi permasalahan adalah, adakah keseimbangan antara beban kerja pengurus barang dan insentif yang diberikan? Jadi tidaklah heran jika beberapa pengurus barang kurang memiliki motivasi, kalaupun memiliki motivasi bekerja belum tentu bisa menyelesaikan tugas dengan baik karena keterbatasan sumberdaya manusia.

  1. Adanya penekanan audit BPK terhadap pengelolaan BMD.

Hasil Audit BPK menunjukkan bahwa, disclaimernya hasil audit terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah karena Neraca kurang baik, Neraca kurang baik karena Laporan Barang Milik Daerah kurang baik.Jadi wajar jika saat ini anggaran, kebijakan dan perhatian Pejabat pemeritnah daerah dan DPRD harusnya mengarah ke pengelolaan barang milik daerah.Walapun barang milik daerah dari dahulu menjadi objek pemeriksaan BPK, tetapi 2 – 3 tahun terakhir ini bisa dirasakan auditor BPK memeriksa barang milik daerah lebih intensif, jadi tidak heran bila dalam 2-3 tahun terakhir ini banyak pemda (khususnya Kepala Daerah dan DPRD) baru sadar kalau pengelolaan asetnya ternyata amburadul.

  1. Proses penghapusan tidak berjalan dengan baik.

Salah satu sebab kurang baiknya Laporan Barang Milik Daerah adalah, banyaknya selisih antara jumlah barang di buku dengan jumlah barang yang sebenarnya/yang ada dilapangan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? diantaranya karena proses pencatatan pada KIB, dan pelaporan aset yang tidak berjalan dengan baik.Artinya, dalam setahun akan sangat mungkin banyak barang yang lalai untuk dicatatkan dalam KIB sehingga ketika dilaksanakan pengusulan penghapusan barang tidak sesuai dengan banyaknya barang dilapangan yang sudah dalam kondisi rusak berat bahkanhilang.Dan hal ini akan mengakibatkan sulitnya melakukan penghapusan (barang rusak atau telah hilang) dan semakin kesulitan dalam melakukan inventarisasi barang serta menyamakan jumlah barang dibuku dan jumlah barang yang sebenarnya.

  1. Pengurus dan Penyimpan BMD.

Pengurus dan penyimpan BMD yang lalai dalam melakukan pembukuan barang dapat mengakibatkan kehilangan BMD yang ada di SKPD. Oleh sebab itu perlu ditetapkan kompetensi khusus yang harus dimiliki oleh seorang pengurus/penyimpan barang daerah. Seringkali terjadi pimpinan SKPD dalam menunjuk pengurus atau penyimpan barang tidak seteliti dan sehati-hati ketika menunjuk pengurus keuangan / bendahara pengeluaran. Bahkan tidak jarang pula pimpinan SKPD menunjuk personil dengan kinerja rendah dan tidak memiliki latar belakang pembukuan sebagai pengurus / penyimpan BMD. Akibatnya data maupun nilai BMD yang disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tidak diyakini kewajarannya oleh auditor, dan akibat yang lebih buruk lagi adalah kehilangan BMD yang dapat merugikan keuangan daerah.Sama seperti pengurus keuangan, kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh Pengurus/Penyimpan BMD adalah : Memahami Pembukuan, Teliti, Memiliki Integritas dan Motivasi yang tinggi karena BMD yang dikelolanya adalah merupakan kekayaan pemerintah daerah yang bernilai tinggi. Disamping itu perlu adanya kompensasi yang seimbang agar motivasi pengurus / penyimpan BMD dapat dipertahankan ataupun ditingkatkan.

Aset/barang daerah merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, SKPD perlu mengelola aset daerah tersebut dengan baik. Dalam pengelolaan aset daerah, pemerintah daerah harus menggunakan pertimbangan berbagai aspek mulai dari perencanaan kebutuhan, pengadaannya, penatausahaan, pemanfaatan, pemeliharaan dan pengamanan hingga pengawasannya agar aset daerah mampu memberika kontribusi optimal bagi pemerintah daerah yang bersangkutan. Kesimpulnnya, aset daerah harus terkelola dengan baik oleh Pemerintah Daerah/SKPD.

Dalam berbagai studi dan analisa publik, pengelolaan aset daerah tidak banyak yang memberikan perhatian serius jika dibandingkan dengan pengelolaan keuangan daerah. Padahal aset daerah sama urgen dan pentingnya dengan pengelolaan keuangan daerah, baik Pemerintah Daerah, DPRD, atau kelompok masyarakat sipil lebih banyak perhatiannya pada temuan angka-angka dan analisa keuangan atas kerugian Pemerintah Daerah dari sisi financial dibandingkan dengan aset daerah yang belum menjadi perhatian sebesar apapun penyimpangannya.

Dalam berbagai kasus, salah satu penyebab predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah masalah pencatatan aset. Permasalahan yang menyebabkan pengecualian atas laporan keuangan tersebut adalah pengelolaan aset tetap yang belum sepenuhnya didukung oleh bukti kepemilikan dan pencatatan yang tidak tertib.

Ketidakakuratan sistem pencatatan aset disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain pada saat perencanaan anggaran dimana belanja tidak dilakukan verifikasi secara memadai sehingga terjadi kesalahan dalam pencatatan atas belanja yang dianggap sebagai Belanja Modal dimana seharusnya menjadi Belanja Barang/Jasa. Pengadaan barang oleh SKPD beberapa menggunakan pola hanya untuk membeli dan bukan untuk mengelola bahkan mengabaikan pemanfaatannya. Aset atau barang yang sudah dibeli tidak lagi menjadi perhatian bahkan tidak pernah dilakukan pengendalian secara memadai misalnya melakukan inventarisasi secara periodik sehingga administrasi barang menjadi kelemahan SKPD dalam pengelolaan aset.

Selain kelemahan SKPD yang kurang memperhatikan pengelolaan administrasi kepemilikan, inventarisasi aset dengan benar, juga rawan pengalihan hak dari aset-aset tersebut kepada orang lain baik individu maupun organisasi lain. Pengelolaan aset yang tidak dilakukan dengan baik menimbulkan kerawanan hilangnya aset daerah. Bahkan terjadi silang sengketa antara Pemerintah Daerah dengan warga atau masyarakat yang mengklaim aset tersebut adalah miliknya atau lambat laun aset daerah tersebut dikuasai oleh pihak ke tiga.

Dengan banyaknya berbagai permasalahan dalam pengelolaan aset daerah maka dibutuhkan keseriusan SKPD untuk menata pengelolaannya, mulai dari perencanaan hingga pemanfaatan dan pengawasannya. Setidaknya tata kelola tersebut dapat meminimalkan berbagai penyimpangan yang ada.

Posted in Artikel
Tagged with: , ,
1 comment on “Perlunya Perhatian Pengelolaan Aset Daerah Pada SKPD
  1. saiful says:

    bagaiimana cara pelasanaanmebuat rkbmd sesuai permendagri no 19 tahun 2016

Bagaimana Komentar Anda?

Twitter

Pesan

  • yalla shoot
    nyuruntul ah deuh
    10 November 2017
  • yalla shoot
    met malam
    8 November 2017
  • yalla shoot
    trims
    8 November 2017
  • nonton bola online
    Selamat malam semuanya
    6 November 2017
  • bacaan sholat
    terima kasih atas segala informasinya
    6 November 2017
  • Ngamplang
    ga ada kontak nya ah
    26 October 2017
  • yalla sport
    mlm
    25 October 2017
  • yalla shoot
    IRBAN I (Dinas Pendidkan dan Kebudayaan) IRBAN II (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) IRBAN III (Dinas Lingkungan Hidup) IRBAN IV (Dinas Kesehatan)
    23 October 2017
  • cara meninggikan badan
    terimakasih
    21 October 2017
  • Profil Cristiano Ronaldo
    Pemain Terbaik Dunia
    20 October 2017
  • Yalla Shoot
    Tatap tegak masa depan yang cerah
    20 October 2017
  • Yalla Shoot
    Tempat nonton bola online live streaming di internet tanpa buffering tercepat yang gratis dengan kualitas HD
    16 October 2017
  • doa sholat dhuha
    Termakasih
    13 October 2017
  • harga ayunan bayi
    tetap walaupun miis dengan adanya cpc
    12 October 2017
  • harga ayunan bayi
    terbaru murah dan bagus
    12 October 2017
  • yalla shoot
    semangat salam
    12 October 2017
  • Yalla Shoot Live Streaming
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian. Berbicara mengenai Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian, maka kita berbicara mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) baik yang diawasi maupun yang mengawasi. Pengawasan dan pengendalian memerlukan aturan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas baik itu berupa Undang-undang dalam hal ini Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri maupun Peraturan Kepala BKN.
    12 October 2017
  • Yalla Shoot
    Salam semangat
    11 October 2017
  • yallaq shoot
    Semoga forum ini tetap jaya selamanya
    9 October 2017
  • yallaq shoot
    yes baik juga
    9 October 2017
  • Watch streaming Live Yalla Shoot TV Sports Football Free Stream HD
    Watch streaming Live Yalla Shoot TV Sports Football Free Stream HD
    8 October 2017
  • Yalla Shoot
    semoga di lancarkan terima kasih
    7 October 2017
  • streaming bola
    Nonton Siaran Langsung Streaming Bola Live Online Gratis Tercepat Tanpa Buffering. www.siarantv.id
    7 October 2017
  • trans studio bandung
    trans studio bandung wahana
    7 October 2017
  • streaming tv one
    Makasih
    4 October 2017
  • Watch ball
    malam
    28 September 2017
  • yalla shoot
    selamat pagi dan selamat menjalankan aktipitas sebagai mana mestinya.
    25 September 2017
  • Live Streaming AC Milan
    Semoga dilancarkan berbagai hal dan program program yang direncanakan khususnya pembangunan
    22 September 2017
  • doa tahajud
    Inspektorat Daerah Kabupaten Lebak kembali melakukan Pemeriksaan Reguler Putaran 4 Tahun 2017 di tingkat SKPD. Pemeriksaan reguler yang dilaksanakan meliputi Pemeriksaan pengelolaan Keuangan dan Kekayaan asset bagian umum SETDA
    21 September 2017
  • Yalla Shoot
    semoga sukses.
    21 September 2017
  • Tiket Pesawat Murah
    Harga Tiket Pesawat Promo. Booking Semua Maskapai · Cepat 24/7 Booking Online · Indonesia & Luar Negeri · Travel Online 24 jam Destinations: Bali, Kuala Lumpur, Singapore, Bangkok, Surabaya, Medan, Hong Kong
    20 September 2017
  • Live streaming ball
    are you ready
    19 September 2017
  • alamat bank
    Daftar alamat bank di indonesia
    19 September 2017
  • harga emas
    Informasi harga emas hari ini, logam mulia antam, logam mulia king halim, logam mulia ubs, perak srh.
    18 September 2017
  • harga tiket kereta api
    Pesan Tiket Kereta Api online HARGA PROMO di Traveloka. Partner resmi PT KAI. Proses pemesanan mudah, jadwal lengkap, jaminan harga terbaik!
    18 September 2017
  • Tiket Pesawat
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian
    18 September 2017
  • Tiket Pesawat
    Perlunya Perhatian Pengelolaan Aset Daerah Pada SKPD
    18 September 2017
  • TV Streaming
    Tempat untuk nonton tv online live streaming tanpa buffering
    18 September 2017
  • harga ban mobil
    ok terbaru update
    15 September 2017
  • tiket pesawat
    Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Keterkaitannya Dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Untuk Audit Atas Kepegawaian
    14 September 2017
  • harga kosmetik wardah
    terbaru
    14 September 2017
  • Basel Vs Manchester United
    Basel vs Man Utd Liga Champions Fase grup besok, 01.45 Old Trafford, Stretford
    12 September 2017
  • Barcelona vs Juventus
    Barcelona vs Juventus Liga Champions Fase grup besok, 01.45 Camp Nou, Barcelona
    12 September 2017
  • Yalla Shoot
    Nonton bola online gratis live streaming HD tanpa buffering tidak lelet
    11 September 2017
  • tv online indonesia
    Nonton bola online free live streaming HD tanpa buffering lelet
    10 September 2017
  • Tiket pesawat murah
    tiket pesawat
    10 September 2017
  • yalla shoot
    Nonton bola online free live streaming HD tanpa buffering lelet
    10 September 2017
  • xiaomi Mi6
    duh ,,, mantap nih hp
    10 September 2017
  • Yalla Shoot
    Lancar Jaya
    9 September 2017
  • pidato singkat syukur nikmat
    kab lebak semoga tetap jaya dan bisa lebih meningkat dalam mengayomi masyarakatnya
    8 September 2017
  • pidato singkat syukur nikmat
    kab lebak semoga tetap jaya dan bisa lebih meningkat dalam mengayomi masyarakatnya
    8 September 2017
  • modifikasi rx king
    semoga kabupaten lebak ini dijadika nagara yang aman tentram dan sejahtra
    8 September 2017
  • shalat jamak qashar
    Wow ternyata sangat keren Penerapan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 ini semoga dapat terlaksana bagi semuanya
    8 September 2017
  • shalat jenazah
    Ternyata emang hebat kabupaten lebak dalam mensejahtraan masyarakatnya
    8 September 2017
  • puasa asyura
    kami bangga menjadi masyarakat kab lebak dengan kemajuan nnprastruktur
    8 September 2017
  • doa qunut
    semoga kabupaten lebak semaikin maju dan berembang
    8 September 2017
  • tiket pesawat murah
    Promo
    8 September 2017
  • tiket pesawat
    tiket pesawat murah
    8 September 2017
  • Hotel santika Tasikmalaya
    Selamat idul adha
    1 September 2017
  • Hotel santika Bandung
    Selamat idul adha
    1 September 2017
  • tv streaming online
    Nonton Streaming TV Online Indonesia tanpa buffering Terlengkap
    31 August 2017
  • nonton tv streaming
    Nonton streaming TV on-line indonesia gratis streaming motogp, liga 1, premier league, La Liga, champions league paling cepat terlengkap tanpa ada buffering.
    31 August 2017
  • nama bayi perempuan
    Himpunan Daftar Nama Nama Bayi Serta Berarti ini diisi nama anak unik & bagus. Pas untuk nama bayi yang lahir di th. 2017.
    31 August 2017
  • nonton tv online
    Nonton Streaming TV On-line Indonesia tanpa ada buffering Terlengkap HD Gratis SCTV RCTI Indosiar TVOne GlobalTV Trans TV Trans7 MNC TV ANTV NetTV.
    31 August 2017
  • tv online
    Nonton Streaming TV On-line Indonesia tanpa ada buffering Terlengkap HD Gratis SCTV RCTI Indosiar TVOne GlobalTV Trans TV Trans7 MNC TV ANTV NetTV.
    31 August 2017
  • arti nama bayi
    Himpunan Makna Nama Islami Nama Bayi Anak Wanita Serta Laki Popular 2017 serta indah Paling baik.
    31 August 2017
  • tv online indonesia
    Norton TV on-line Indonesia Gratis, tanpa ada buffering live Streaming TV SCTV RCTI Indosiar tvOne GlobalTV Trans TV serta yang lain dapat disaksikan lewat gadget.
    31 August 2017
  • tv online indonesia
    uvuvwevwevwe onyetenyevwe ugwemubwem osas
    28 August 2017
  • tv streaming
    ososlksajdjasdasd
    28 August 2017
  • streaming tv
    promo tiket pesawat garuda
    28 August 2017
  • live streaming
    mantap
    28 August 2017
  • tv online
    anaba
    28 August 2017
  • tiket pesawat garuda
    promo tiket pesawat garuda beli 1 gratis 1
    24 August 2017
  • hotel bintang 5 di bandung
    hotel bintang 5 di bandung
    24 August 2017
  • tiket pesawat ke bali
    Yu bernenang ke pantau bali , cek tiket pesawat ke bali
    24 August 2017
  • streaming
    atut
    24 August 2017
  • fashion
    serem beber
    23 August 2017
  • Tiket Pesawat MUrah
    Merdeka
    22 August 2017
  • Tiket Pesawat MUrah
    Pagi semua
    22 August 2017
  • tv online
    atus boss
    21 August 2017
  • streaming online
    serem
    21 August 2017
  • yalla shoot
    Tahns
    20 August 2017
  • yalla shoot
    123
    19 August 2017
  • Yuk Hijrah
    Mari berhijrah
    18 August 2017
  • Tanaman Hidroponik
    Mantap
    18 August 2017
  • Tanaman Hidroponik
    Sangan Bermanfaat. terima kasih.
    18 August 2017
  • interior design
    sangat bagus infonya
    15 August 2017
  • program diet d'lemonie
    thnkns infonya
    10 August 2017
  • naik delman
    sdfaasd
    8 August 2017
  • harga hp samsung
    samsung
    7 August 2017
  • nama bayi
    untuk perempuan dan laki laki islami terbaru
    5 August 2017
  • yalla shoot
    ey ah
    3 August 2017
  • biodata foto artis
    hade
    3 August 2017
  • arti nama bayi
    buaahhh
    3 August 2017
  • http://hariantv.com
    mantabb
    29 July 2017
  • SurveiPoker
    hola
    29 July 2017
  • program diet
    infonya bermanfaat
    28 July 2017
  • sari lemon
    thnkns infonya
    28 July 2017
Your Shout
November 2017
MTWTFSS
« Oct  
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930 

Foto Pegawai

Juhanda Dudung Kurniawan, SE Iwan Gustiawan, SE Dadi Sadid Khotami, S.Sos Drs. Halson Nainggolan, M.Si Risa eka putri H.Hasanudin, Bae Risa eka putri Holik Yayat Supriatna, S.Sos, M.Si Endang Suherman, S.Sos Agus Sumardi, S.Sos Eko Nugroho Drs.Halson Nainggolan, M.Si Iyan Agustian Lukman Sujana, SE Dra. Rohayati, M.Si Yuniardi Suherman, SE