Inspektorat Kabupaten Lebak

Pemeriksaan Khusus

Pemeriksaan Khusus Kas dan Barang Persediaan SKPD Tahun 2014,

Bentuk Pendampingan Inspektorat Kab. Lebak

Dalam Menghasilkan Data Kas dan Barang Persediaan SKPD yang Valid

Dalam rangka pengelolaan keuangan daerah, sebagaimana diatur dalam Pasal 10 ayat (2) undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Pemerintah Daerah diharuskan menyusun laporan keuangan daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan APBD. Demikian pula setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) selaku pejabat pengguna anggaran/barang harus menyusun dan menyampaikan laporan keuangan SKPD yang dipimpinnya sebagaimana dimaksud dalam pasal 10 ayat (3) undang-undang dimaksud.

..

 

 

 

 

 

 

 

Terdapat beberapa hal yang perlu dicermati pada Laporan Keuangan baik Laporan Keuangan SKPD maupun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), yakni pada pengelolaan kas, persediaan, investasi permanen dan nonpermanen, serta aset tetap. Untuk itu, dalam rangka memberikan jaminan atas laporan keuangan yang akan disusun oleh SKPD, Inspektorat Kabupaten Lebak telah secara rutin melaksanakan pemeriksaan khusus terkait dengan kas dan barang persediaan yang ada di tingkat SKPD. Pada kegiatan tersebut dilakukan pemantauan pengelolaan keuangan oleh bendahara, yaitu memberikan arahan tentang penyetoran sisa kas pada akhir tahun tidak melewati batas yang telah ditentukan; melakukan pemeriksanaan dan penghitungan sisa barang persediaan; serta melaksanakan pemeriksaan kas baik kas bendahara pengeluaran maupun kas yang ada pada bendahara penerimaan SKPD.

 

Kegiatan pemeriksaan kas dan barang persediaan tahun 2014 dilaksanakan pada tanggal 29 Desember s.d 9 Januari 2015 pada 62 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Lebak.

 

Hasil dari pelaksanaan pemeriksaan dimaksud adalah tersedianya data yang telah tervalidasi baik berupa nilai barang persediaan dan kondisi pengelolaan keuangan sebagai dasar informasi aset lancar dalam penyusunan Neraca pada Laporan Keuangan SKPD. Selain itu, kegiatan pemeriksaan khusus dimaksud adalah dalam rangka rekonsiliasi internal penyusunan laporan keuangan SKPD, yakni dalam hal ini Inspektorat melaksanakan reviu terhadap Laporan Realisasi Anggaran (LRA), pertanggungjawaban fungsional bendahara, rekening koran dan sisa kas pada setiap SKPD.

 

Harapan akhir dari pelaksanaan kegiatan ini adalah setiap SKPD dapat mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dilakukan secara transparan, baik pada lingkup internal maupun eksternal, tidak terkecuali untuk semua pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang menggunakan keuangan daerah pada setiap tahun anggaran.

 

2 comments on “Pemeriksaan Khusus
  1. Website yang informatif dan transparan. salut buat inspektorat kab. lebak
    Salam

  2. Betul banget… setuju saya

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

Pesan

Your Shout
January 2015
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Berlangganan

Foto Pegawai

H.Hasanudin, Bae Juhanda Yuniardi Suherman, SE Lukman Sujana, SE Dadi Sadid Khotami, S.Sos Drs.Halson Nainggolan, M.Si Eko Nugroho Holik Risa eka putri Iwan Gustiawan, SE Drs. Halson Nainggolan, M.Si Yayat Supriatna, S.Sos, M.Si Dra. Rohayati, M.Si Dudung Kurniawan, SE Risa eka putri Agus Sumardi, S.Sos Iyan Agustian Endang Suherman, S.Sos