Inspektorat Kabupaten Lebak

Pengambil Foto Baduy Dalam Harus Dihukum

RANGKASBITUNG, Sejumlah penggiat sosial dan budaya meminta aparat untuk menangkap dan menghukum pelaku pengambil foto Baduy Dalam seperti yang termuat di internet. Pengambilan foto itu dinilai sebagai bentuk pelecehan terhadap Baduy Dalam.

Aktivis Forum Rakyat Banten (Fakrab), Amid Aditya mengatakan, untuk kesekian kalinya warga Baduy yang merupakan soko guru dari bagaimana menjalankan kearifan dalam kehidupan, kembali dilecehkan dengan munculnya foto kehidupan warga Baduy Dalam. Menurut Amid, dengan dalih apapun dan untuk kepentingan apapun, tidak diperbolehkan mengambil foto Baduy Dalam.

“Siapapun harus menghargai adat istiadat yang ada di Baduy,” tegasnya.

Ia menjelaskan, sebuah foto salah satu kampung yang berada di lingkungan wilayah Baduy Dalam telah dijadikan poster. Padahal wilayah Baduy Dalam yang mencakup Kampung Cibeo, Cikertawana, dan Cikeusik terdapat larangan yang tidak boleh dilanggar. Salah satunya yakni dilarang untuk memotret atau merekam secara audio/visual. Jika ada orang yang melanggar larangan adat ini, lanjutnya, berarti telah melecehkan aturan adat.

Amid mengatakan, foto dengan objek salah seorang wanita Baduy tengah menggendong balita dan berjalan di wilayah Baduy yang dinamai  “Treasure of Baduy – The Living Culture Harmony” infonya bakal dijadikan poster yang akan dipampang dalam sebuah pameran di Tokyo, Jepang pada 16-19 Mei 2014. Pada poster itu juga tercantum logo Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Ini bukti paling nyata bagaimana mereka melakukan eksploitasi membabi buta hanya untuk keuntungan sesaat. Yang mereka lakukan telah mencederai aturan adat yang berlaku. Kami mendesak pihak terkait agar menghukum orang-orang yang tidak menghargai tradisi dan adat budaya itu dengan hukuman yang setimpal, agar dikemudian hari hal-hal seperti ini tidak terus terjadi,” katanya.

Menurut Amid, pihaknya mendesak agar Pemkab Lebak jangan hanya berdiam diri atas persoalan ini. Pemkab harus mengambil langkah konkret, sebab Baduy merupakan aset wisata daerah bahkan nasional. (KabarBanten)

Bagaimana Komentar Anda?

Twitter

Pesan

Your Shout
May 2014
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Berlangganan

Foto Pegawai

Agus Sumardi, S.Sos Holik Eko Nugroho Juhanda Dudung Kurniawan, SE Lukman Sujana, SE Drs.Halson Nainggolan, M.Si Risa eka putri Iwan Gustiawan, SE Risa eka putri Yayat Supriatna, S.Sos, M.Si Yuniardi Suherman, SE Iyan Agustian Dadi Sadid Khotami, S.Sos Drs. Halson Nainggolan, M.Si H.Hasanudin, Bae Dra. Rohayati, M.Si Endang Suherman, S.Sos