Inspektorat Kabupaten Lebak

Bupati Tanam Bambu di Bantaran Sungai

RANGKASBITUNG,-
Bupati Lebak,Hj.Iti Octavia Jayabaya melakukan penanaman pohon bambu di bantaran sungai Ciujung, dan Ciberang, Rangkasbitung, Jumat (23/5) sekitar pukul 09.00 WIB. Penanaman tersebut bertujuan untuk mencegah longsor, dan banjir.
Untuk tahap awal, agenda penghijauan tersebut sebanyak 10.000 bambu yang akan disebar di bantaran sungai, Ciujung, dan Ciberang, dan disejumlah lokasi sungai yang dinilai rawan abrasi.
“Lebak kaya potensi bambu. Untuk itu, program penanaman bambu harus diawali dulu oleh pemerintah. Setelah itu baru serempak diikuti masyarakat,”kata Bupati Iti kepada Kabar Banten, seusai menanam bambu di bantaran sungai Ciberang.
Bupati Iti berharap, kegiatan yang berorientasi kepada penghijauan itu dapat menjadi proses penjajakan Kabupaten Lebak sebagai kawasan bamboo, dan pada gilirannnya akan menjadi daerah penyedia bambu bagi daerah lain.
“Selama ini bambu banyak ditebang. Untuk memulihkannya, harus kita awali dengan reboisasi atau penanaman kembali. Jika program nasional dikenal penanaman 1000 pohon, Lebak bisa menggagas penanaman 10 juta pohon,”ujarnya.
Iti menjelaskan,pola penanaman bambu di bantaran sungai tidak memerlukan biaya besar. Selain itu Lebak sangat kaya dengan tanaman bambu, terutama jenis bambu apus. Apalagi kualitas bambu di Lebak sangat bagus, sehingga bisa menjadi potensi alam yang dapat dikelola dengan baik.
“Penanaman pohon yang sudah berjalan di Lebak, seperti karet, jabon, albasiyah. Sekarang, kita memulai melakukan penanaman bambu untuk menahan banjir, longsor di bantaran sungai,”ujarnya.
Dibagian lain, Iti mengatakan kegiatan penanaman bambu bagian dari upaya untuk membangkitkan kembali masyarakat giat menanam bambu.
“Pemerintah, melalui dinas kehutanan siap menyediakan bibit bambu untuk masyarakat,” ujarnya. Kepala Dinas Kehutanan, dan Perkebunan (Dishutbun), Kosim Ansori mengatakan, agenda penanaman bambu bagian dari program Pemkab Lebak untuk memotivasi masyarakat giat menanam bambu. “Lebak cukup kaya dengan aset tanaman bambu, sehingga sudah selayaknya program ini digalakan. Dengan program penanaman bambu di bantaran sungai bagian dari upaya mencegah longsor, banjir. Termasuk program pemeliharaan bantaran sungai agar aman dari abrasi. Tahap awal kita sudah siapkan 10.000 bibit pohon bambu untuk disebar di semua bantaran sungai di Lebak.”(Sumber-KabarBanten)

Bagaimana Komentar Anda?

Twitter

Pesan

Your Shout
May 2014
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Berlangganan

Foto Pegawai

Risa eka putri Drs. Halson Nainggolan, M.Si Lukman Sujana, SE Yuniardi Suherman, SE Dudung Kurniawan, SE H.Hasanudin, Bae Iwan Gustiawan, SE Holik Dra. Rohayati, M.Si Yayat Supriatna, S.Sos, M.Si Drs.Halson Nainggolan, M.Si Eko Nugroho Agus Sumardi, S.Sos Dadi Sadid Khotami, S.Sos Iyan Agustian Endang Suherman, S.Sos Risa eka putri Juhanda